Wednesday, 29 February 2012

Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Aceh

Gedung Balai Diklat Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran AcehGedung Balai Diklat Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Aceh

 

Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Aceh merupakan salah satu Diklat Pelayaran di Indonesia yang bermaksud untuk menghasilkan pelaut dengan keunggulan daya saing kompetensi sesuai Standar Nasional dan Internasional. Untuk memenuhi kebutuhan pelaut di Kawasan Barat Indonesia melalui Badan Pendidikan dan Pelatihan SDM Kementerian Perhubungan telah merealisasikan untuk pembangunan BP2IP Aceh dengan luas lahan 25 ha yang disediakan oleh Pemerintah Aceh dan  berlokasi di Desa Durung Kecamatan Mesjid Raya Km. 15 jalan Banda Aceh-Krueng Raya Aceh Besar.

Menurut Bapak Capt. Wisnu Handoko selaku Ketua Tim Operasionalisasi Aceh, disampaikan untuk penyelesaian tahapan pembangunan gedung BP2IP dan rencana operasional  Kepala Badan Pengembangan SDM Kementerian Perhubungan sejak tanggal 9 november 2011  telah menugaskan tim  untuk  melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah dalam rangka persiapan operasional, disampaikan juga  bahwa BP2IP  ini paling cepat beroperasi pertengahan Juli 2012 dan paling lambat awal tahun 2013, BP2IP menyelenggarakan sekolah pelayaran setingkat SMU / SLTA dengan jurusan Nautika dan Teknika, selain itu juga menyelenggarakan diklat penjenjangan kepelautan seperti BST, ANT Dasar, ANT V dan ANT IV.
Fasilitas gedung yang ada pada BP2IP mempunyai beberapa ruang dan ada 14 kelas sebagai tempat belajar siswa dan beberapa fasilitas pendukung lainnya, antara lain ada simulator, ruang bengkel, ruang perpustakaan, fasilitas olahraga dan lain-lain.

Pembangunan BP2IP Aceh diharapkan mampu untuk melayani pemerataan pendidikan tentang ilmu pelayaran di wilayah barat Indonesia, dengan demikian mampu menyerap minat pemuda pemudi Aceh dan kawasan sekitarnya  untuk  pendidikan dan pelatihan  agar memiliki kemampuan dalam bersaing untuk mendapatkan kesempatan bekerja di kapal – kapal Indonesia maupun kapal asing. (baleehubkom)

 

Comments