Tuesday, 30 October 2012

IPKBI Aceh sebagai forum Penguji Kendaraan Bermotor se-Aceh

Rakernis Penguji Kendaraan Bermotor Se-AcehRakernis Penguji Kendaraan Bermotor Se-Aceh

Penguji Kendaraan Bermotor se-Aceh melakukan pertemuan dalam rapat kerja teknis (Rakernis) di Banda Aceh pada Senin malam (29/10), Rakernis ini merupakan ajang silaturahmi dan diskusi teknis sesama insan pengujian di Aceh yang menyangkut dengan sistem, prosedur, perkembangan teknologi dan tantangan serta perubahan lingkungan strategis untuk dapat diantisipasi bersama dalam pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor di masing-masing Kabupaten / Kota di Aceh.

Rakernis Pengujian Kendaraan Bermotor pada kesempatan ini juga menjadi awal pembentukan Pengurus Daerah Ikatan Penguji Kendaraan Bermotor Indonesia (IPKBI) Aceh, diharapkan IPKBI sebagai forum koordinasi para penguji Kendaraan Bermotor di Aceh sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informasi dan Telematika Aceh, Bapak Prof. Dr. Ir. Yuwaldi Away, M.Sc, dalam sambutannya Kepala Dinas mengingatkan bahwa “Kita harus merasa bersalah jika terjadi kecelakaan disebabkan karena kenderaan bermotor tidak laik jalan”, untuk itu dalam Rakernis ini dapat menghasilkan keputusan yang strategis untuk memecahkan beberapa persoalan yang selama ini kita hadapi, baik pada tataran kebijakan maupun pada tataran operasional di lapangan yang pada akhirnya dapat meningkatkan pelayanan pengujian kendaran bermotor di Aceh.

Perkembangan sistem, prosedur dan teknologi saat ini, menuntut kesiapan para penguji kendaraan bermotor dalam menghadapi 3 (tiga)  tantangan besar yang akan kita hadapi kedepan, yaitu ; Pertama, Pengembangan pengujian kendaraan bermotor menggunakan system Smart Card dan perlahan meninggalkan pemakaian Buku Uji Berkala sebagai pengawasan; Kedua, Program Akreditasi Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) di seluruh wilayah Indonesia dan Ketiga, Peningkatan Pelayanan Mutu (ISO) pengujian Kendaran bermotor. (BaleeHubkom)

 

Comments